Santirah

SANTIRAH merupakan nama curug atau air terjun yang dekat dengan surupan (air sungai yang masuk kedalam lobang besar atau goa), goa tersebut merupakan jalur atau aliran sungai yang mengalir ke arah Citumang hingga berlabuh di lautan luas. Dulu, di santirah biasanya dijadikan sebagai salah satu tempat "ngojay" atau berenang anak-anak penduduk sekitar. Selain itu di santirah dulu juga biasanya di jadikan sebagai salah satu tempat memancing oleh penduduk setempat ataupun pendatang yang sengaja datang untuk memancing di sungai santirah dan sekitarnya.

Berbeda dengan saat ini, Santirah kini di kenal sebagai salah satu destinasi wisata yang populer di Kabupaten Pangandaran yang memiliki aktivitas menarik sekaligus menantang. Adapun aktivitas tersebut yakni Body Rafting dan River Tubing. Aktivitas tersebut memiliki panjang trek sekitar 1,5 km, melewati beberapa goa dan air terjun.

Santirah

Aktivitas Santirah

Aktivitas yang bisa dilakukan di Wisata Santirah. Selain bisa menikmati suasana alam yang masih alami, pemandangan alam yang hijau serta beberapa keindahan lainnya, di Wisata Santirah pengunjung akan menikmati aktivitas air menyusuri sepanjang sungai santirah dengan menggunakan peralatan seperti life jaket atau pelampung, ban dalam mobil, dan di kawal atau di dampingi oleh beberapa pemandu yang berpengalaman. Aktivitas tersebut populer dengan sebutan River Tubing.

Alamat Santirah

Wisata Santirah yang mulai populer dari sekitar bulan Maret 2014 ini berlokasi di Desa Selasari, tepatnya di Dusun Karangmukti, Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Dari Pantai Pangandaran ke Wisata Santirah atau sebaliknya berjarak sekitar 19 km, atau memakan waktu sekitar 39 menit perjalanan (tergantung situasi dan kondisi). Untuk lebih jelasnya lihat Lokasi Santirah di Map Wisata Santirah

Trek Santirah

Seperti di sebutkan di atas bahwa Wisata Santirah memiliki aktivitas menarik sekaligus menantang, aktivitas tersebut yaitu Body Rafting dan River Tubing. Aktivitas Body Rafting dan River Tubing di Santirah memiliki panjang trek sekitar 1,5 km atau memerlukan waktu sekitar 2-3 jam (tergantung situasi dan kondisi).

Adapun arus sungai dan kedalaman Santirah bervariasi, dari mulai yang tenang sampai yang deras, dari yang dangkal sampai yang dalam. Sepanjang pengarungan dalam aktivitas Body Rafting dan River Tubing di Santirah akan melewati air terjun yang indah dan beberapa goa, diantaranya seperti :

1. Gua Gendang (panjang 10 meter),
2. Gua Panjang Santirah (panjang 100 meter),
3. Gua Lengkob (panjang 8 meter),
4. Gua Uling (panjang 10 meter).

Tiket Masuk Santirah

Mengenai Tiket Masuk Santirah, sebenarnya untuk berkunjung ke Wisata Santirah sampai saat ini tidak dikenakan tiket masuk, akan tetapi hanya membayar tarif untuk aktivitas body rafting dan river tubing saja, dengan membayar tarif atau Paket Santirah yang disediakan tersebut, maka itu sudah termasuk tiket Masuk Santirah.

Paket Santirah

Ada beberapa Paket Santirah yang di sediakan, beberapa paket tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan ataupun badget yang di anggarkan untuk berkunjung ke Wisata Santirah. Berikut beberapa paket santirah pilihan, diantaranya :

Penginapan Santirah

Untuk informasi penginapan, sampai saat ini belum ada penginapan di lokasi, namun ada beberapa rumah di pemukiman penduduk (homestay) yang dekat ke lokasi Wisata Santirah yang tersedia untuk di sewakan kepada wisatawan yang ingin bermalam di sekitar Santirah dan menikmati suasana hirup pikuk kehidupan perkampungan.

Demikian sedikit informasi mengenai SANTIRAH, semoga apa yang terkandung didalamnya bisa memberi manfaat khususnya bagi calon pengunjung Wisata Santirah. Mohon maaf atas segala kekurangan, baik dalam penyampaian maupun dalam penyajian. Informasi dan Reservasi selengkapnya silahkan hubungi di halaman kontak kami.