Wisata Alam Gunung Galunggung di Tasikmalaya

Gunung Galunggung
Gunung Galunggung merupakan salah satu jenis gunung berapi yang termasuk dalam kategori strato atau gunung yang bentuknya hampir mirip dengan kerucut. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.167 mdpl sehingga pengunjung harus melewati sekitar 620 anak tangga. Secara administratif, lokasi ini terletak di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat.

Di kawasan setempat terdapat dua objek wisata alam yaitu danau kawah dan permandian Cipanas. Di dasar kawah terdapat pesona alam yang menarik dan eksotis karena terdapat sungai resapan, goa, dan terowongan air menuju sungai Cibanjaran.

Gunung Galunggung
Kemudian, di area lokasi permandian Cipanas dapat diakses dengan berjalan kaki karena tidak begitu jauh dari pintu masuk. Di kawasan seluas 3 Ha ini terdapat 2 lokasi permandian yang masing-masing dikelola oleh pemerintah setempat dan perhutani. Selain itu, di area kawasan terdapat wahana wisata seluas 120 ha yang dapat dijadikan sebagai tempat berkemah dan bersantai.

Objek wisata ini juga telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas umum seperti are parkir yang luas dan aman, arena pertunjukan, tempat berkemah, penginapan, sarana bermain anak-anak, kolam renang, kafe, masjid dan pusat pembelian oleh-oleh.

Meskipun mempunyai pesona alam dan tempat-tempat wisata yang menarik, namun pengunjung hanya perlu membeli tiket masuk seharga sekitar Rp 3.000,- saja per orang. Harga yang cukup murah dan terjangkau sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur untuk rombongan seperti sesama rekan kerja atau rombongan keluarga besar saat weekend.