Keelokan Air Terjun Sipiso-piso di Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso-piso
Air terjun Sipiso-piso merupakan sebuah kawasan yang terletak tidak jauh dari pemukiman Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Secara geografis, Desa Togging terletak di dataran rendah sedangkan objek wisata air Terjun Sipiso-piso terletak di daerah perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl dan ketinggian air terjun yang mencapai 120 meter. Area ini dikelilingi oleh bukit hijau karena dikelilingi oleh hutan pinus.

Selain dapat menikmati pemandangan yang indah di kawasan objek wisata ini, air terjun Sepiso-piso juga merupakan air terjun yang tidak akan tergantikan dengan objek wisata air terjun lainnya karena merupakan salah satu air terjun yang tertinggi di Indonesia.

Sebelum menikmati pemandangan air terjun dari dekat, pengunjung terlebih dahulu akan disuguhkan dengan pemandangan indah tanah karo dari gardu pandang yang terdapat di puncak bukit dan titik pangkal aliran air terjun. Dari puncak bukit, pengunjung akan menyaksikan keindahan Danau Toba yang populer di Indonesia.

Kemudian, pengunjung dapat menjelajahi keelokan alam Sipiso-piso dari dekat dengan menyusuri punggung bukit melalui ratusan anak tangga kecil. Air Terjun Sipiso-piso berjarak 35 km dari kota Medan, jika tidak membawa kendaraan pribadi pengunjung dapat menumpang bus dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam hingga ke Kabanjahe, di selatan Berastagi.

Setelah tiba di Kabanjahe harus menempuh 24 km ke arah utara menuju objek wisata danau toba untuk berhenti di Desa Tongging. Ketika berada di objek wisata ini, pengunjung dapat mengujungi dua paket tempat wisata sekaligus yaitu Danau Toba dan Air Terjun Sipiso-piso.