Mitos Unik Air Terjun Pengantin Ajibarang, Banyumas

Air Terjun Pengantin terletak di Dusun Parduli Desa Kracak Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tempat ini berada di tengah hutan sehingga untuk menuju ke tempat ini akses jalannya cukup terbilang agak sulit dan sepi. Kawasan ini bisa berjarak 8 km dari kota Ajibarang yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Namun, tempat ini mempunyai akses jalan yang cukup menanjak dan belum diaspal dengan baik sehingga butuh sedikit perjuangan untuk sampai ke tempat tujuan.

Air Terjun Pengantin Ajibarang
Foto/travelingyuk.com
Karena adanya mitos yang mengiringi Air Terjun Curug Pengantin, menjadikan tempat ini ramai dikunjungi pada malam Jum’at Kliwon mulai dari jam 12 malam sampai jam 2 dini hari. Biasanya mereka bersusah payah untuk mandi dengan menggunakan penerangan lampu senter saja untuk melakukan ritual tirakat.

Menurut mitosnya, barang siapa yang mandi tempat ini akan dipermudahkan tentang urusan jodohnya. Hal tersebut karena, konon katanya ada seorang wanita yang ditinggal mati oleh suaminya dan sangat lama baginya untuk menikah lagi. Kemudian, orang tua wanita tersebut menyarankan agar anaknya mandi di bawah Air Terjun Curug Pengantin Ajibarang. Keputusan tersebut membuahkan hasil karena beberapa saat kemudian ada seorang pemuda yang datang untuk melamarnya.

Namun, tidak hanya di malam hari lokasi ini juga ramai dikunjungi, siang hari apalagi di waktu liburan tiba juga ramai karena di tempat ini terdapat air pancuran yang terbuat dari bambu sehingga membuat pengunjung mudah untuk merasakan kesegaran airnya. Selain itu, area ini terdapat banyak pemandangan indah yang mampu memanjakan mata pengunjung.

Tidak dipungkiri bahwa curug tersebut ini merupakan salah satu tempat menarik di Indonesia yang terkenal karena mitos-mitos yang mengiringinya sehingga dapat menarik perhatian pengunjung untuk membuktikan kebenarannya. Tapi mitos tetaplah mitos, jangan sampai merusak iman terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.