Pesona Pantai Teleng Ria Pacitan Dengan Horizon yang Eksotis

Pantai Teleng Ria Pacitan
Pantai Teleng Ria Pacitan merupakan pantai dengan relief yang relatif landai dengan luas sekitar 40 hektar dan garis pantainya mencapai 2.5 km. Secara administratif pantai ini terletak di Desa Teleng, Kelurahan Sidoharjo Kabupaten Pacitan. Kawasan ini merupakan termasuk dalam deretan pantai di selatan Pulau Jawa yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia.

Sejumlah aktivitas menarik dapat dilakukan di tempat wisata ini diantaranya adalah berjemur, berenang, berjalan-jalan menyusuri pantai atau hanya sekedar menikmati panorama pantai. Namun, sebagian besar pengunjung pantai banyak melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti memancing, bermain voli pantai, berjogging, bersepeda, dan bermain sepak bola. Selain itu, tempat wisata ini juga telah menyediakan fasilitas perkemahan yang tersedia bagi organisasi, keluarga, sekolah-sekolah yang ingin mengadakan aktivitas berkemah.

Pantai Teleng Ria Pacitan mencatatkan kunjungan yang paling ramai terutama pada saat akhir pekan dan pada masa liburan. Ketika pengunjung memasuki lokasi pantai, akan dihadapkan dengan pasir putih kecoklatan dan usapan panas matahari yang tidak begitu menyengat kulit.

Namun, bagi pengunjung yang senang bermain di tepian pantai hingga pengunjung yang senang berenang tetap dihimbau oleh para petugas untuk tetap berhati-hati karena keadaan ombak yang tidak dapat diduga.

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Teleng Ria Pacitan adalah ketika menyaksikan landscape pantai dari perbukitan karena pantai ini memang dikelilingi oleh dua perbukitan yang indah. Dari atas bukit, pengunjung juga dapat melihat palung-palung laut yang membentuk tiga garis lurus di tengah laut. Kombinasi pemandangan pantai dan pegunungan di sekitarnya memang dapat menciptakan pesona yang unik.

Karena tidak memiliki ombak yang begitu besar, tempat ini sangat cocok didatangi oleh perselancar pemula untuk belajar surfing dengan hanya menyewa papan selancar seharga Rp 50 ribu. Di tempat ini juga tersedia orang yang menawarkan kursus singkat berselancar dengan biaya Rp 20 ribu selama dua jam.

Selain itu, tempat wisata ini juga telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti area bermain anak di kawasan pantai, tempat pertunjukan seni, area kuliner, perkemahan, gardu padang, area parkir, dan toilet.

Pantai Teleng Ria Pacitan merupakan salah satu tempat tujuan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama rekan dan keluarga tercinta.