Pulau Enggano, Wisata Eksotis dengan Pesona Alam yang Natural

Pulau Enggano
Kawasan wisata pulau Enggano terkenal akan hasil perairan dan keindahan alamnya yang belum tersentuh dengan beragam pembangunan sehingga suasananya masih terasa begitu alami. Di pulau Enggano terdapat pantai yang kaya akan hasil laut berupa ikan yang cukup unik serta hewan-hewan laut lainnya seperti kepiting dan hewan bercangkang lainnya yang terlihat di bibir pantai, pantai tersebut dikenal sebagai Pantai Humo.

Selain dapat menikmati berbagai keindahan laut, di tempat ini juga terdapat Taman Burung Gunung Nanua yang merupakan cagar alam. Keberadaan taman burung ini berguna untuk melindungi spesies endemic yang sangat langka, diantaranya adalah burung kacamata dan burung celepuk. Keberadaan fauna ini juga dapat memberikan kesan tersendiri ketika mengunjungi Pulau Enggano.

Pulau Enggano
Secara administratif, pulau Enggano terletak di kabupaten Bengkulu Utara. Tepatnya di kecamatan Enggano Bengkulu yang berada di arah barat daya kota Bengkulu. Namun, untuk menuju pulau ini masih tergolong sulit karena penyebrangan menuju pulau ini tidak dilakukan setiap hari karena kondisi cuaca dan ombak yang sering mengalami cuaca buruk.

Untuk menuju kesana, pengunjung bisa menuju dermaga Pulau Baai yang berada tidak jauh dari pusat kota dan hanya sekitar 20 menit dari Bandara Fatmawati dengan kendaraan bermotor. Dari dermaga tersebut, pengunjung dapat menggunakan kapal untuk menyeberang di pulau Enggan.

Namun, di kawasan ini belum tersedia penginapan yang memadai. Biasanya wisatawan asing menginap di rumah-rumah warga sekitar dengan menemui kepala desa terlebih dahulu. Ketika ingin berkunjung ke tempat ini, siapkan perbekalan dan obat-obatan yang cukup.