Sungai Serayu, Wisata Alam dengan Panorama Indah di Banyumas

Sungai Serayu merupakan salah satu destinasi alam yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini adalah sungai yang berhulu di dataran tinggi Dieng dengan panjang sekitar 30 km dan mempunyai lebar sekitar 12-25 m. Sungai ini melintasi 5 Kabupaten, diantaranya adalah Cilacap, Banyumas, Wonosobo, Banjarnegara dan Purbalingga.

Sungai Serayu mempunyai panorama yang indah karena terdapat tebing-tebing unik yang menjorok di tengah sungai dan mempunyai berbagai jenis bebatuan yang menonjol. Di sekitar tempat ini pengunjung dapat melihat hamparan sawah dan kebun penduduk yang menghijau. Kawasan ini juga bisa dikunjungi bagi orang yang gemar memancing karena terdapat banyak jenis ikan di sungai serayu.

Selain itu, disini merupakan tempat penguji adrenalin karena pengunjung dapat melakukan kegiatan arum jeram yang menantang. Arum jeram di objek wisata Sungai Serayu mempunyai dua trip yang masing-masing berjarak sekitar 12 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 5 jam.

Tempat ini terkenal akan tradisi tahunannya yang disebut dengan Grebeg Suro. Tradisi ini diselenggarakan di tepi sungai yang dilengkapi gunungan yang berisi hasil pertanian seperti kacang panjang, cabe, terung, buah-buahan dan lain sebagainya.

Selain itu, juga terdapat event lainnya seperti Festival Serayu yang merupakan sebuah perayaan hiburan seperti balap prahu dayung, pentas permainan, pertunjukan layang-layang hias dan perlombaan lainnya.

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan Grebeg Suro dan Festival Serayu, dimulai dengan melakukan perjalanan melalui Terminal Purwokerto. Kemudian diteruskan dengan naik bus jurusan Purwokerto-Bayumas. Setelah tiba di Terminal Banyumas, naiklah angkutan kota yang dapat mengantarkan hingga ke lokasi pertunjukan di Sungai Serayu.

Pergi kesana tentunya akan membuat pengunjung mendapatkan pengalaman berwisata yang berbeda karena selain dapat menikmati pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan-pertunjukan yang ada.