Wisata Alam Goa Pindul di Gunung Kidul, Yogyakarta

Wisata Alam Goa Pindul
Objek wisata Goa Pindul Jogja merupakan salah satu destinasi yang sangat populer yang terdapat di Kabupatan Gunung Kidul Yogyakarta. Goa ini begitu unik karena hadir secara murni melalui proses alam yang membentuk stakalaktit dan stalakmit sejak ratusan tahun yang lalu. Daya pikat tempat ini terletak pada alirah sungai bawah tanah yang berada di sepanjang goa.

Secara administratif, objek wisata ini terletak di Padukuhan Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo Kabupatan Gunung Kidul. Goa ini mempunyai panjang hingga 350 meter dengan lebar mencapai 5-6 meter. Kedalaman air di dalam goa ini mencapai 6-7 meter, sedangkan jarak antara air dengan langit-langit goa sejauh 4-5 meter.

Wisata Alam Goa Pindul Jogja menawarkan kegiatan yang dikenal dengan sebutan cave tubing, yakni kegiatan dimana pengunjung dapat menyusuri goa dengan menggunakan ban pelampung, memakai jaket dan sepatu yang telah disediakan oleh pengelola. Kegiatan ini berguna untuk mengeksplorasi pesona gua dengan mengikuti aliran sungai bawah tanah.

Di sepanjang penyusuran goa, pengunjung akan ditemani oleh pemandu wisata yang akan memberikan informasi mengenai 3 zona yang terdapat di dalam Goa Pindul yaitu zona gelap abadi, zona remang dan zona terang. Pengunjung akan melewati ketiga zona tersebut sehingga akan mendapatkan pengalaman yang unik ketika berada di wisata alam Goa Pindul Jogja.

Di sekitar objek wisata ini juga sudah tersedia penginapan yakni guesthouse. Namun, jika ingin menginap disana segera hubungi pihak pengelola atau bisa dilakukan dengan melakukan booking online di hari sebelumnya.

Goa Pindul Jogja merupakan salah satu permata wisata goa yang menawan yang patut untuk dikunjungi untuk menambah pengalaman berwisata bersama rekan atau keluarga.