Wisata Ubud di Bali yang Damai dan Mengagumkan

Wisata Ubud di Bali memang terkenal sejak lama di kalangan penikmat perjalanan, bagi domestik maupun mancanegara. Secara administratif, wisata Ubud masuk dalam sebuah kecamatan Bali yang terhimpun dari 13 banjar yang membawahi 6 desa adat. Sedangkan secara topografi, wilayah Ubud dikelilingi oleh persawahan serta hutan-hutan yang diapit oleh jurang dan sungai. Pesona tersebutlah yang menambah keindahan tempat wisata ini.

Wisata Ubud di Bali
Michele Falzone / Alamy Stock Photo
Terdapat banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Ubud Bali, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pasar Seni Ubud
Di pasar ini terdapat berbagai kios barang khas kesenian Bali, mulai dari kerajinan, aksesoris, souvenir, lukisan, hiasan dinding dan lain sebagainya. Semua barang-barang yang dijual di pasar ini terbilang lebih murah dibandingkan dengan tempat lainnya. Namun apabila para pembeli pintar dalam tawar menawar, maka tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan harga yang lebih murah.

2. Museum Puri Lukisan
Di area wisata Ubud terdapat museum yang sudah berdiri sejak pertengahan tahun 1950-an. Museum ini menyimpan sejumlah koleksi terbaik dari berbagai karya para seniman lokal.

3. Puri Agung Ubud
Di depan Puri ini merupakan pusat kegiatan seni budaya dan adat. Oleh karena itu wisatawan dapat menikmati suguhan pertunjukan tari tradisional Bali.

4. Taman Wanara Wana
Tempat ini merupakan habitat ratusan spesies kera sejak ratusan tahun yang lalu. Para masyarakat lokal mensakralkan tempat ini karena di dalamnya terdapat tiga pura kuno yakni Pura Nista Mandala, Pura Suci, dan Pura Dalem Padagtegal. Taman ini juga merupakan tempat berlangsungnya upacara Ngaben sehingga para pengunjung dapat ikut menyaksikan secara langsung rangkaian upacara tersebut.

5. Wisata Kopi
Tempat ini merupakan kebun kopi, selain itu pengunjung juga dapat melihat hewan luwak yang menghasilkan kopi luwak. Pengunjung juga dapat menikmati secangkir kopi dan dapat membeli kopi dengan berbagai varian.

Sudah tersedia berbagai fasilitas penginapan seperti hotel dan resort dari yang memiliki kelas bintang lima hingga penginapan murah. Cara terbaik untuk menikmati wisata Ubud adalah dengan menetap beberapa hari karena meskipun hanya sebuah kecamatan yang terhimpun dari sejumlah desa. Tempat wisata ini merupakan kawasan berkelas internasional yang wajib dikunjungi ketika singgah di Pulau Dewata Bali.