Surga Bawah Laut di Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi
Taman Laut Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Objek wisata ini mempunyai luas 1.390.000 ha yang terdiri dari empat pulau besar yakni, Binongko, Tomia, Wangi-wangi, dan Kaledupa.

Objek wisata ini mempunyai keanekaragaman kekayaan alam bawah laut, seperti terumbu karang dan aneka binatang laut lainnya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian tim IPB yang dilakukan pada tahun 1994, mereka mempelajari hasil temuan tersebut kemudian Menteri Kehutanan mengeluarkan SK yang menetapkan Wakatobi sebagai Taman Laut Nasional Indonesia yang patut untuk dikunjungi.

Taman Laut Nasional memiliki pemandangan yang istimewa karena mempunyai keindahan alam laut yang terdiri dari gugusan terumbu karang sekitar 112 jenis daro 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai.

Taman Nasional Wakatobi
Untuk mencapai objek wisata ini pengunjung dapat melewati 3 tahap perjalanan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Perjalanan dimulai dari kendali ke Bau-bau dengan menggunakan pesawat terbang sekitar 1 jam perjalanan atau bisa menggunakan kapal laut yang menempuh waktu sekitar 4 jam perjalanan.

2. Dari Bau-bau menuju Laslimu pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

3. Dari Laslimu ke Wanci pengunjung dapat menggunakan kapal laut dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Wanci merupakan ibu kota kabupaten Wakatobi yang merupakan pintu gerbang pertama untuk memasuki kawasan Taman Nasional Wakatobi.

Bagi pengunjung yang berniat untuk bermalam di tempat ini, tidak perlu khawatir karena sudah terdapat fasilitas hotel dan homestay terdekat. Kemudian, juga tersedia fasilitas lainnya seperti restoran yang menyajikan beraneka ragam menu masakan laut.

Perjalanan jauh yang ditempuh rasanya sepadan dengan apa yang akan didapatkan saat tiba di objek wisata Taman Laut Nasional Wakatobi.